PANDANGAN UMUM FRAKSI PPP-PKS-HANURA

PEMANDANGAN UMUM

 FRAKSI  PPP PKS HANURA

DEWAN  PERWAKILAN  RAKYAT  DAERAH

KABUPATEN   PASURUAN 

TERHADAP

3 ( TIGA ) RANCANGAN PERATURAN DAERAH

KABUPATEN PASURUAN

TAHUN 2015

JURU BICARA

MUHAMMAD ZAINI

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

ا لحمد لله رب العالمين.  والصلاة  والسلام على اشرف المرسلين  وعلى ا له

وصحبه ا جمعين.  اما بعد.

Yang terhormat, Para  Pimpinan dan Anggota Dewan.

Yang terhormat, Saudara Bupati dan Wakil Bupati.

Yang terhormat, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah atau yang mewakili.

Yang terhormat, Saudara Sekretaris Daerah, para Asisten dan Staf Ahli.

Yang terhormat, Para Kepala Badan, Dinas, Kantor, Bagian dan Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Rekan-2 Wartawan, LSM dan para Undangan yang berbahagia.                   

Puji dan syukur senantiasa kami persembahkan kehadirat Alloh Swt yang telah menganugerahkan sekian banyak nikmat-Nya kepada kita sehingga kita tidak akan mampu menghitungnya.

Sholawat serta salam semoga senatiasa terlimpah kepada baginda Muhammad Rasululloh SAW berikut Keluarga dan para Sahabatnya.

 

Rapat Paripurna Yang Berbahagia

Sesuai dengan Pengantar 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun 2015 yang telah disampaikan oleh Saudara Bupati Pasuruan pada rapat paripurna tanggal 25 Pebruari 2015 yang lalu, perkenankanlah fraksi kami, Fraksi PPP PKS HANURA menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Saudara Bupati Pasuruan beserta jajaran Pemerintah Daerah yang telah menyusun 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun 2015 yang meliputi (1) Rancangan Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2012 Tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Pasuruan (2) Rancangan Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Orgainisasi Dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Dan Sekretariat DPRD (3) Rancangan Perubahan Ketiga Atas Peraturan  Daerah  Nomor  13  Tahun  2008  Orgainisasi  Dan  Tata  Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dan Lembaga Teknis Daerah.

Selanjutnya perkenakanlah Fraksi kami akan menyampaikan beberapa  hal  yang  kami  anggap penting dalam forum  yang  terhormat  ini baik dalam bentuk pertanyaan, saran,   masukan   dan bahkan  kritik  konstruktif,  sebagai  pemandangan umum fraksi kami sebagai berikut :

Pertama, Terhadap Rancangan Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2012 Tentang Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Pasuruan, Fraksi kami berpendapat bahwa PDAM adalah merupakan perusahaan daerah yang dibiayai oleh pemerintah daerah yang bersumber dari uang masyarakat (public fund). Tujuan pendirian PDAM adalah untuk memenuhi pelayanan dan kebutuhan air bersih bagi masyarakat serta sebagai salah satu sumber PAD. Didalam menjalankan fungsinya sebagai penyedia air bersih dan dalam upaya peningkatan pelayanan publik tidak terlepas dari dimensi ekonomi yaitu memperoleh keuntungan yang memadai. Adanya kepentingan pelayanan publik tersebut, tentunya menyebabkan PDAM kurang mampu menjalankan fungsinya secara optimal, sehingga keadaan ini akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Untuk mewujudkan kedua tujuan dimaksud, pengelolaan  PDAM  masih dihadapkan pada inefisiensi bahkan cenderung mengedepankan fungsi pelayanan (public service oriented), sehingga berdampak keberadaannya membebani keuangan daerah.

Fraksi kami juga menilai bahwa perkembangan PDAM sampai saat ini masih belum menunjukkan perkembangan yang signifikan sebagaimana yang kita harapkan karena masih belum sepenuhnya mampu mengantisipasi 3 (tiga) hal yaitu : (1) Belum optimal memanfaatkan aset produksi dan distribusi (2) Kurangnya kemampuan manajemen dan profesionalisme SDM (3) Ketidakseimbangan struktur pembiayaan yang masih bertumpu pada hutang.

Berkaitan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan (profit oriented), pengelolaan operasi PDAM diharapkan mampu membiayai biaya operasionalnya sendiri (self financing) dan diharapkan dapat menopang pembiayaan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam jangka pendek serta mampu memberikan kontribusi pada penerimaan daerah untuk jangka panjangnya.

Untuk mencapai tujuan di atas, maka Fraksi kami menyarankan kepada Sudara Bupati agar penyelenggaraan, pengelolaan, dan pembinaan terhadap PDAM harus berdasarkan kepada prinsip-prinsip dan azas ekonomi perusahaan yang sehat. Selain hal tersebut dalam pengelolaanya PDAM  harus memperhatikan aspek transparansi dan akuntabilitas,  baik dalam   aspek   pengelolaan   keuangan,   aspek  operasional   dan   aspek administrasinya, karena ketiga aspek dimaksud sangat menetukan kinerja pengelolaan sebuah perusahaan termasuk di dalamnya adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Bagaimana menurut Saudara Bupati ?

Kedua, Terhadap Rancangan Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Orgainisasi Dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Dan Sekretariat DPRD, dan Rancangan Perubahan Ketiga Atas Peraturan  Daerah  Nomor  13  Tahun  2008  Orgainisasi  Dan  Tata  Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dan Lembaga Teknis Daerah, Fraksi kami berpendapat bahwa untuk penyelenggaraan pemerintahan daerah, kepala daerah memang perlu dibantu oleh organisasi perangkat daerah yang dapat menyelenggarakan seluruh urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Apalagi untuk menuju Good and Clean Governance atau pemerintahan yang baik dan bersih, Fraksi kami menyarankan bahwa selain menata dengan baik tentang susunan, kedudukan, tugas pokok organisasi perangkat daerah, yang tak kalah pentingnya adalah penempatan personil pada setiap organisasi perangkat daerah. Fraksi kami sangat menaruh harapan agar personil yang ditempatkan pada setiap organisasi perangkat daerah betul-betul mempunyai kemampuan sesuai dengan latar belakang keahliannya serta  mampu  menjalankan  tugas  dengan  efektif,  efisien, bersikap jujur, transparan, dan dituntut untuk mempertanggungjawabkan semua kebijakan, perbuatan maupun moral terhadap masyarakat. Inilah yang dituntut dalam asas akuntabilitas dalam upaya menuju pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Bagaimana menurut Saudara Bupati ?

Pimpinan dan Anggota Dewan Yang Berbahagia

Demikianlah  pemandangan  umum  ini  kami  sampaikan  dengan harapan

mendapat penjelasan sebagaimana mestinya dari Saudara Bupati. Tentunya jawaban tersebut akan kami kembangkan dalam rapat kerja bersama eksekutif. Apabila terdapat penyampaian yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sebesar besarnya.

 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركا ته

Pasuruan, 27 Pebruari 2015

 

FRAKSI  PPP PKS HANURA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KABUPATEN PASURUAN

  

MUHAMMAD NADIR UMAR.      H. SAIFULLOH DAMANHURI, S.Pd.I.

                    Ketua                                                                 Sekretaris

 

                                                   Juru Bicara :

                                         MUHAMMAD ZAINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *