HUJAN LEBAT, TANGGUL SUNGAI IRIGASI JEBOL

Kamis, 30 April 2015 – SUKOREJO – Dihari itu Wilayah Kabupaten Pasuruan diguyur hujan yang cukup lebat. Akibatnya salah satu sungai irigasi tanggulnya jebol diterjang arus sungai yang sangat deras di Dusun Curahsudo Desa Curahrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

“Sungai ini adalah sungai irigasi utama yang mengaliri sawah sekitar 60 hektar, jadi saat ini sawah para petani tersebut terancam gagal tanam karena air mengalir ke sungai kecil dibawah sungai yang tanggulnya jebol tersebut, sehingga sawah yang seharusnya mendapat irigasi dari sungai ini kekeringan tidak mendapat pasokan air”. Penjelasan dari Kepala Desa Curahrejo saat dikunjungi oleh Muhammad Zaini Legislator PKS di lokasi kejadian.

Sampai saat ini sungai tersebut masih belum bisa diperbaiki secara swadaya oleh masyarakat, karena tanggul yang jebol sangat parah kondisinya. Meskipun kejadian ini tidak memakan korban jiwa, namun para petani khawatir tidak mendapatkan aliran air jika melakukan penanaman padi di sawahnya padahal seharusnya saat ini adalah musim tanam. Masyarakat dan para petani sangat berharap segera mendapatkan bantuan perbaikan tanggul agar segera dapat melakukan penanaman padi sesuai jadwal tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *