BUPATI IRSYAD SAMPAIKAN PENGANTAR NOTA KEUANGAN RANCANGAN PERUBAHAN APBD 2015

PKSpasuruan.org – Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menyampaikan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD Tahun Angaran 2015, dalam Rapat Paripurna I DPRD Kabupaten Pasuruan, Senin (10/08).

Penyampaian tersebut dilakukan Irsyad bersama dengan Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Paryudha, serta disaksikan oleh para Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, beberapa unsur Forkopimda Kabupaten Pasuruan, para Kepala SKPD dan camat se-Kabupaten pasuruan.

Menurut Irsyad, perubahan APBD dilaksanakan dengan menyesuaikan anggaran pada tahun berjalan, utamanya berkaitan dengan program yang telah ditetapkan dalan APBD, baik pada sisi penerimaan daerah maupun belanja daerah.

“Secara garis besar, pada perubahan APBD Tahun 2015 ini, ada beberapa kebijakan-kebijakan yang diambil, dan jumlahnya mencapai dua belas item,” pungkasnya di hadapan para wakil rakyat dan Pejabat Pemkab Pasuruan yang hadir.

12 item yang diantaranya penambahan anggaran untuk pembayaran tunjangan profesi pendidik (TPP), BPJS dan uang duka wafat dikarenakan adanya tambahan PNS, tunjangan penghasilan aparat pemerintahan desa (TPAPD), pembangunan insfrastruktur, biaya pemilihan kepala desa,menaikkan honor guru TPQ (Taman Pendidikan Al Quran), pengadaan sarana pendukung komputerisasi PBB P2 di kecamatan, pemanfaatan dana bagi hasil cukaio hasil tembakau (DBH-CHT), pemanfaatan alokasi khusus tambahan pada bidang kesehatan, infrastruktur irigasi, pertanian serta perdagangan, penyesuaian tambahan dana desa yang bersumber dari APBN dan alokasi penambahan dana desa, kegiatan dan tindak lanjut untuk memenuhi program berdasarkan temuan BPK yang lalu, optimalisasi pendapatan asli daerah terutama dari pajak daerah seperti pajak penerangan jalan, PBB P2, pajak hotel dan restoran dll, seta penambahan anggaran untuk kegiatan tidak terduga yang berkaitan dengan bencana alam.

“Dibanding APBD 2015 yang telah ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Pasuruan nomor 12 tahun 2014 tentang APBD, maka kekuatan anggaran belanja sebesar Rp 2,373 Milliar, dan naik menjadi Rp 2,856 M. Kami juga menyampaikan struktur rancangan perubahan APBD 2015 yang dimulai dari pendapatan daerah , baik pendapatan asli daerah, pendapatan dana perimbangan, maupun lain-lain pendapatan yang sah. Selain itu, kami juga menyampaikan rencana perubahan anggaran belanja daerah tahun 2015 yang diarahkan untuk mendanai plaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi urusan kabupaten, baik berupa urusan wajib maupun pilihan,” ucapnya.

Selain menyampaian nota keuangan perubahan anggaran, Irsyad juga berterima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD beserta tim anggaran yang akan membahas rancangan perubahan APBD selanjutnya.

“Semua saran dan sumbangsih pikiran adalah sangat berharga bagi eksekutif dalam proses penyusunan perubahan APBD ini,” singkatnya. (emil)

sumber: www.pasuruankab.go.id/berita-2344-irsyad-sampaikan-pengantar-nota-keuangan-rancangan-perubahan-apbd-2015.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *